Selasa, 16 April 2013

Perjalanan Hidup, Alhamdulillah 1






Hmmm pagi ini menunjukkan pukul 07.09 waktu Jepang....
Aku hanya bisa selalu mengucapkan syukur Alhamdulillah atas semua yang ku dapatkan dalam hidup ini, kalau ingat masa kecil ku sangatlah menyedihkan...

Sedikit bercerita tentang masa kecil ku dulu supaya aku selalu bersyukur dengan keadaan ku sekarang...
Dulu semasa kecil aku tinggal di Kalimanatn tp tempat tinggalku sangat jauh dan terpencil sekali, dari Banjarmasin aku memakan waktu 5 jam untuk sampai ke daerah Pagatan Tanah Bumbu, belum lagi aku harus melanjutkan perjalanan menuju rumah dari Pagatan kira kira 2 jam, menggunakan sepeda motor..

Untungnya aku termasuk anak yang beruntung, sejak kecil waktu masih SD, akujuga sekolah ditempat terpencil,mana pernah aku dulu menggunakan sepatu klo sekolah, tiap hari menggunakan sendal, kadang2 pun nyeker karna jalanan becek atau sesekali banjir, klo lagi banjir rame tuh biasanya sambil berenang waktu pulang sekolahnya..hehe maklum anak desa..yaaa mirip mirip cerita "laskar pelangi" lah.

Waktu SMP pun tidak jauh berbeda cuma sekolah nya lebih jauh jaraknya sekitar 3 km dari rumah ku, jadi aku harus menggunakan sepeda ontel pergi ke sekolah, kadang kadang jalan kaki klo pas sepeda ku bermasalah, maklum dah sepeda tua..hee..
Pernah suatu hari kebetulan sepeda ku lagi rusak, akhirnya pagi pagi ku dah berangkat jalan kaki ke sekolah, eh tiba tiba di tengah jalanan yg sepi n tidak ada orang satupun lewatlah segerombolan babi beserta anak anaknya, yaa kira kira ada 12 ekoran lah, sambil ketakutan aku berhenti dulu menunggu babi babi itu selesai menyebrang jaan...Hmmm Alhamdulillah akhirnya bisa sampai ke sekolah dengan selamat juga setelah babi itu lewat akupun bisa melanjutkan perjalanan ku.

Waktu yang menurut ku sangat menyakitkan n juga sedih adalah jaman SMP ini, karena waktu itu juga kebetulan keadaan ekonomi keluarga kami sangat lah miniiiim sekali..kami tidak punya rumah jd tinggalnya di pondok (istilah orang banjar) yg ada ditengah sawah. Karna dulu rumah kami sempat djual untuk biaya rumah sakit kaka ku yg lagi kuliah diBanjarbaru. Heheh jadi ingat dulu aku malu kalo ada teman ku yg ingin mampir kerumah, soalnya aku kan g punya rumah tinggal nya di tengah sawah gituuu...

Selain itu aku juga klo pulang sekolah kerja bantuin jaga toko yg masih ada hubungan keluarga dengan qu, sambil bantu buatin es, lumayan buat aku nyicil sepeda ku,kan sepeda ku yg lama dah rusak.. Klo pas liburan atau hari minggu aku biasanya ikut "abah" mendulang mencari batu intan atau emas, kerjaannya lumayan berat soalnya kami masih manual, menggali tanah, lalu diangkat batu2 n tanah itu,,,Yaaaah begitulah kecil kecil aku dah seperti kuli,mengangkat karung berisi tanah dan batu kerikil untuk mendapatkan intan yang diharapkan..

Dulu aku sediiih sekali kan keadaan ekonomi keluarga kami sangat lemah, jadi abah pernah bilang klo beliau g bisa nyekolahin aku lagi...Gimana aku g sedih kedua kaka aku berhasil sekolah n kuliah akun anak terakhir n satu satunya perempuan malah g bisa sekolah n kuliah, aku merasa ini tidak adil !!
Untungnya kaka aku yg no 2 bilang ya udah sekolah aja dulu sambil jalan nanti kaka bantu usahain untuk biaya sekolah n kuliahnya.Alhamdulillah disini mulai ada jalan bagi ku..

Akhirnya aku bisa sekolah SMA di daerah Pagatan, terpisah dengan kedua orang tua ku karna ku tinggal dirumah nenek. Selama sekolah disini aku mulai membuka diri dari seorang anak yg pendiam n pemalu berubah menjadi anak tomboy,cuek n badung..Semua teman ku memanggil dengan panggilan Roy (potongan nama ku Royani), dulu pertama masuk sekolah aku minder sekali dibilangin anak kampung,trus waktu berjalan aku bisa membuktikan orang kampung juga bisa, aku berhasil meraih juara 3 di kelas ku, lumayan membuat pamor anak kampung jadi naik...kan sewaktu SMP aku juga g pernah lepas dari 3 besar dikelas,inilah modal aku..
Selama SMA juga mendapatkan beasiswa dari sekolah, lumayan untuk bayarin SPP, jadi ga sepenuhnya ngandalin kedua orang tua n kaka ku....

Alhamdulillah, aku bisa lulus SMA dengan hasil yg memuaskan, menjadi kebanggan para guru di Sekolah juga, Alhamdulillah juga akhirnya abah diberi rezeki lebih karena waktu mendulang/mencari intan itu beliau dapat rezeki yg lumayan,intannya djual n harganya lumayan besar bisa buat keluarga kami untuk bangun rumah....ALHAMDULILLAH YA ALLAH
(hiks hiks jadi sediih ingat masa lalu....)

Nanti dilanjut lagi ceritanya ya....,lanjutkan aktifitas yg lain dulu  :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar