Senin, 22 April 2013

Perjalanan Hidup, Alhamdulillah 2




Mau melanjutkan cerita di Alhamdulillah 1..Hmmm mau mulai dari mana ya ceritanya..hee
Oh iya kemarin kan ceritanya sampai saya lulus SMA, selanjutnya saya bersyukur sekali..Alhamdulillah karena akhirnya aku pun bisa melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi UNLAM (Universitas Lambung Mangkurat), dulu sewaktu SMA ingin sekali bisa melanjutkan kuliah di luar pulau Kalimantan, maksudnya ke daerah jawa, tp itu semua hanya keinginan ku...
Tapi kuliah di di UNLAM pun aku syukuri, karena bisa kuliah saja aku sangat senang ini membuktikan kalau aku tidak di bedakan dalam keluarga ku, aku juga sama dengan kedua kaka ku yang telah lulus sebagai S1 di Fakultas Kehutanan dan Fakultas Perikanan....

Akan tetapi.....dari 3 Fakultas yang aku masukin/daftar aku akhirnya keterima di Fakultas yg sama dengan kaka aku yg no 2, yaitu Fakultas Perikanan juga..Hmmm inilah mulai perjalanan ku yg terpisah jauh dengan kedua orang tua ku, karna jaraknya dari rumah ku sampai ke daerah banjarbaru tempat kampus aku memakan waktu perjalanan selama kurang lebih 5 jam bahkan sampai 6 jam, jadi selama kuliah itu aku tinggal dikost yang jaraknya dengan kampus lumayan dekat.

Selama kuliah inilah aku mengenal berbagai macam organisasi dikampus mulai dari segi keagamaan sampai dengan kehidupan anak MAPALA (Mahasiswa Pecinta Alam),...akhirnya aku pun memutuskan bergabung dengan anak anak MAPALA, walaupun pandangan beberapa Dosen dan juga mahasiswa yg lain seorang MAPALA itu buruk dari segi akademik ataupun tingkah laku, tp aku berjanji dalam diriku akan membuktikan kalau anggapan mereka itu salah, sering sekali di waktu perkuliahan mereka (Dosen) menyinggung tentang MAPALA yg dinilai mereka kurang bagus.



Daaan Alhamdulillah di semeter pertama aku sudah membuktikan kalau seorang MAPALA itu nilai akademiknya tidak selalu rendah, buktinya aku bisa mendapatkan IPK 3 keatas, sejak saat itu banyak Dosen yang mulai mengenal aku n minta bantuan kalau ada proyek atau kerjaan di kampus, lumayan klo ada dapat bagian,hehe....

Ini juga salah satu pembuka rezeki aku selanjutnya mulai dari bisa mendapatkan beasiswa selama kuliah di Fakultas Perikanan ini hampir selama kuliah aku jarang sekali minta kirimin uang kepada kedua orang tua ku karena aku juga tau klo kedua orang tua ku juga belum tentu mempunyai uang, biasanya aku juga dipesanin sama kaka aku yg lulusan perikanan itu agar "klo perlu uang mintanya sama kaka aja jangan sama mama n abah, kasian mereka nanti malah membebani mereka"



Tidak terasa waktu 3,5 tahun lebih brapa (tepatnya lupa,hehe) dan aku pun berhasil mendapatkan gelar sarjana ku di Fakultas itu dengan nilai yang sangat memuaskan, dalam hati aku berfikir apakah ini langkah awal ku lagi untuk memulai kehidupan ku, karena selama kuliah aku sangat merasa nyaman dengan keadaan, yg sibuk dengan kegiatan kampus dan juga sibuk dengan kegiatan organisasi kemahasiswaan karena aku tipe orang yg senang dengan kesibukan, akau akan merasa capek klo aku cuma diem n tidak mengerjakan sesuatu apapun.
Selama menunggu waktu wisuda aku pulang ke kampung halaman, dan selama waktu kosong itu aku sudah merasakan kejenuhan hidup yg tidak ada aktifitas yg seperti biasanya ku lakukan selama kuliah dulu, dan aku juga dibilangin kaka aku kalau kita itu hidup tidak mungkin bisa langsung enak, jadi nikmati saja dulu keadaan ini, ini adalah proses!!!

Hmm pada bulan ramadhan tahun 2007, kebetulan para anggota MAPALA mengadakan kegiatan tahunan buka puasa bersama dikampus disana biasanya diundang juga pihak kampus seperti Dekan,PD III, dan juga senior senior yg sudah jadi Dosen dsana. Aku pun juga datang di kegiatan tersebut, biasa g pernah ketinggalan kegiatan,heheee
Setelah habis acara biasa kami ngobrol ngobrol bersama sama, baik sama senior atau pun dengan Dekan ataupun PD III, kebetulan saat itu aku lg asyik ngumpul sama teman teman,eh tiba tiba PD III datang ke arah ku, kebetulan aku memang dekat juga dengan PD III ini selain dia Dosen satu jurusan dengan ku dia juga biasanya sering minta tolong aku untuk melakukan beberapa kerjaan.
Ada apa pak? ku kira dia mau minta tolong sesuatu,jd ku tidak sungkan untuk bertanya, dan ternyata Bapak itu memberitahukan bahwa ada lowongan beasiswa S2 keBrawijaya,dia bilang "Kalau liza mau ikut testnya datang aja nanti hari sabtu di kampus Pertanian, disana ada test/seleksi siapa saja yg bisa mendapatkan beasiswa tsb". Aku pun menjawab "iya Pak, nanti saya coba ikutin testnya"

Sampai waktunya seleksi beasiswa tersebut,akupun mengikutinya dengan hati yg tenang,karna aku saat itu befikir klo ini rezeki ku ya Alhamdulillah, agak ada iseng iseng dikit, maksudnya aku g terlalu serius..Daaan Alhamdulillah akhirnya malah keterima,atas izin Allah, aku malah bingung,mau berangkatnya krn tidak ada persiapan apa2, diwisuda saja aku belum, berangkatnya ke Malang pun, mendadak, pagi harinya ada acara pelepasan mahasiswa yang mau di wisuda, sore harinya aku berangkat ke kota Malang dengan pesangon/sangu seadanya...hee (jadi dulu waktu S1 aku g sempat ikut wisuda)

Aku jujur belum pernah ke kota Malang, jd tidak ada bayangan sedikitpun buat ku bagaimana nanti di kota Malang tsb. Pertama datang di Malang itu aku ingat sekali malam malam kami datang beserta rombongan teman teman yg lain yg beda fakultas juga, tidurnya dulu di asrama cowo KalSel, baru keesokan harinya baru kami masing2 cari kost.

Hmmmm...sepertinya sudah dulu ya untuk edisi ini, nanti akan aku lanjutin ceritanya,...Sampai jumpa di episodeberikutnya yaaa...hahaha :-)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar